Profil Dinas Perikanan

Pembangunan adalah proses perubahan yang terbuka dan yang terkait dengan aktivitas rakyat yang terencana untuk mencapai tujuan bersama, terutama untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan kesejahteraan bersama. Pembangunan Perikanan Kabupaten Seruyan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, lapangan kerja dan peningkatan sistem pemasaran serta peningkatan mutu dan kuantitas produksi usaha dengan penerapan teknologi yang tepat guna. Pembangunan Perikanan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tiga pilar pembangunan, yaitu pro-poor (pengentasan kemiskinan), pro-job (penyerapan tenaga kerja), dan pro-growth (pertumbuhan).


Secara geografis Kabupaten Seruyan memiliki kawasan pesisir dengan panjang garis pantai ± 100 Km dan wilayah Kabupaten Seruyan di belah oleh Sungai Seruyan yang membentang dari Hulu mengalir sampai ke Laut Jawa sepanjang ± 350 km yang dapat dilayari 300 km, kedalaman rata-rata 6 m dan lebar rata-rata adalah 300 m, yang didalamnya terdapat danau, rawa dan anak-anak sungai.


Rata-rata produksi perikanan Kabupaten Seruyan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kenaikan tersebut dikarenakan peningkatan hasil perikanan budidaya yaitu naiknya produksi hasil tambak rakyat, kolam, karamba dan meningkatnya usaha penangkapan baik di laut maupun di perairan umum.